Wednesday, January 21, 2015

INDONESIA DI TANGAN BUPATI - WALI KOTA, Purwakarta

Penanaman Modal Satu Pintu ala Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta, Jawa Barat
Dedi Mulyadi

Pemkab Purwakarta beberapa kali mendapatkan penghargaan atas pelayanan di bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu. Inovasi tersebut mampu mengerek investasi di kota Simping itu.

Bagi investor dalam negeri dan asing, Purwakarta dikenal ramah investasi. Salah satu faktornya adalah kemudahan perizinan yang diberikan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Ujung tombak inovasi di bidang investasi tersebut adalah Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP).

Beliau menggunakan logika sederhana, menurutnya bila perizinan dimudahkan investasi akan dating dengan sendirinya. Bila investasi meningkat, industri di Purwakarta juga menggeliat.

Purwakarta memang diuntungkan dengan wilayahnya yang tak begitu jauh dari Jakarta. Hanya sekitar 90 Km atau bias ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja. Namun, itu bukan faktor terbesar. Dedi membangun kawasan industri di lima kecamatan. Yakni Cibatu, Campaka, Bungursari, Babakan cikao, dan Jatuluhur.

Purwakarta menyediakan kawasan industri seluas 2000 Hektoare. Masing-masing 1000 Hektoare di Bungursari dan Babakan cikao. Selain itu masih ada ribuan Hektoare yang disediakan untuk kawasan industri. Baru 25 persen yang dimanfaatkan, sisanya masih menunggu investor masuk.

Untuk mengurus perizinan di Purwakarta, informasinya sangat jelas dan transparan yang bias diakses melalui situs resmi http://bpmptsp.purwakartakab.go.id. Di website itu sudah tercantum jenis-jenis perizinan, persyaratan, biaya dan waktu proses perizinan. Misalnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dijamin selesai maksimal 12 hari kerja dengan biaya yang sudah pasti juga. Masyarakat bisa melakukan tracking untuk melihat sudah sampai mana pengajuan izinnya. Ketika izin keluar langsung tercantum di website yang selalu di up date secara real time. Formulir perizinan juga dapat diunduh dari website tersebut.

Bupati Dedi menjelaskan, untuk menunjang kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan dalam bidang perizinan, dibutuhkan fasilitas yang baik, sumber daya manusia, system untuk mengatur tata kelola, dan pengembangan teknologi informasi yang mesti ditingkatkan serta kecepatan dan tepat waktu.

Hingga saat ini sudah ada 142 investor penanaman modal asing (PMA) yang masuk ke Purwakarta. Mereka antara lain berasal dari Inggris, Austria, Belanda, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, India, Thailand, Tiongkok, Brunei Darussalam, dan Singapura. Bidang industrinya meliputi garmen, pertanian, transportasi, dan sebagainya.

Prestasi Purwakarta dibawah pimpinan Dedi Mulyadi :

·         2007 : penghargaan dari presiden sebagai kabupaten penyelenggara pelayanan terpadu satu  pintu terbaik.
·         2008-2009 : penghargaan dari gubernur Jawa Barat sebagai kabupaten penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu terbaik.
·         2010 : meraih peringkat ketiga dalam bidang pelayanan investasi dalam event tiga tahunan yang digelar Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

·         2012 : meraih investment award.

0 comments:

Post a Comment