Wednesday, January 21, 2015

TAU KAH ANDA ?

Siapa Bob Sadino ?

Satu lagi Tokoh Inspiratif Indonesia yang akan di ulas di sini. mungkin anda pernah mendengar kata mutiara "orang goblok sulit dapat kerja, akhirnya buka usaha sendiri. ketika sukses, orang goblok mempekerjakan orang pintar" ? atau anda lebih tertuju pada penampilannya yang selalu eksentrik ? memakai celana jeans pendek dan kemeja serta topi koboi ? rambut putih yang awut-awutan seperti Einstein ?

ya, semua itu ada pada diri Bob Sadino. penampilannya yang sederhana menutupi kelebihannya sebagai pengusaha kaya raya di Indonesia. dan kita telah kehilangan beliau sejak tanggal 19 Januari 2015 lalu, beliau meninggal dunia akibat sakit. namun, kegigihan beliau dlam dunia bisnis patut kita tiru.

Siapa Bob Sadino sebenarnya ?

nama aslinya Bambang Mustari Sadino. lahir di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung) tanggal 9 Maret 1933. 

Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di HamburgJerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.

Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Ia membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang,Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

Pekerjaan pertama yang dilakoni Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp.100.

Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.

Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.

Penampilan yang nyentrik menjadi ciri khas sehari-hari Bob Sadino. Bercelana pendek, dia dengan leluasa bepergian ke mana-mana. Dia juga cukup "laris" menjadi pembicara untuk memberi motivasi kepada pebisnis pemula.

Seperti beberapa waktu lalu saat dia menjadi pembicara di Bogor, Bob mengatakan bahwa peluang bisnis pertanian cukup besar, tidak hanya pasar internasional, tetapi juga pasar dalam negeri. Bob mengatakan, semakin banyaknya minat generasi muda untuk berwirausaha, maka jumlah usahawan Indonesia pun meningkat, yang saat ini hanya 1,8 persen dari total penduduk Indonesia.


Semua telah dibuktikan oleh Bob, pendiri dan pemilik tunggal supermarket Kem Chicks, entrepreneur sukses yang memulai usahanya benar-benar dari bawah, dan bukan berasal dari keluarga wirausaha. 

Biodata singkat Bob Sadino
Tempat, tanggal lahir     : Bandar Lampung, 9 Maret 1933
Agama                          : Islam
Pendidikan
- SD, Yogyakarta (1947)
- SMP, Jakarta (1950)
- SMA, Jakarta (1953)

Perjalanan karier
- Direktur Utama PT Boga Catur Rata
- Direktur Utama PT Kem Foods
- Direktur Utama PT Kem Farm
- Karyawan Djakarta Llyod di Hamburg dan Amsterdam (1950-1967)
- Karyawan Unilever (1954-1955)
- Pemilik Kem Chick (supermarket) (1969)

Keluarga
- Soelami (istri)
- 1. Mira Andiani (anak)
- 2. Shanti Dwi Ratih (anak)





0 comments:

Post a Comment